Menghentikan Kebiasaan Buruk Saat Berpidato

Bagaimana Anda melatih diri sendiri untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan ini? Sebagaimana dengan kebiasaan apapun, Anda perlu kedisiplinan untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam pidato.


Cobalah ketiga teknik berikut ini. Pertama, dengarkan saat Anda sendiri berbicara. Memperhatikan kata-kata yang keluar dari mulut Anda merupakan cara yang sangat efektif. Anda akan mengetahui bagaimana Anda mulai, berhenti, dan mundur dan berapa banyak kata "ee" menghambat pembicaraan Anda. Itu saja dapat membuat pidato Anda lebih lancar.


Kedua, pikirkan sebelumnya apa yang akan Anda katakan. Saya tahu itu kedengarannya sudah jelas, tetapi kalau kita cari alasannya kenapa Anda mengucapkan kata tanpa makna adalah karena Anda sudah masuk ke pertengahan kalimat dan tidak tahu bagaimana dapat menyelesaikannya. Saya mengatakan bahwa Anda harus membayangkan keseluruhan pidato Anda dalam benak Anda sebelum membuka mulut, tetapi hendaknya Anda dapat merencanakan kalimat kedua di dalam pikiran selagi Anda mengucapkan kalimat pertama, dan begitu seterusnya. Meski kelihatannya sulit, cobalah saja, Anda akan tahu bahwa itu mudah. Otak mempunyai kapasitas besar yang memungkinkan kita melakukan dua hal sekaligus dengan cara bergantian fokus. Dengan sedikit latihan, Anda akan menjadi terbiasa.


Ketiga, carilah seorang "pemantau pidato" untuk mendengarkan percakapan Anda dan mengingatkan Anda jika Anda menggunakan kata-kata tanpa arti atau kata-kata klise. lni bisa sangat efektif. Mintalah pasangan Anda, teman baik Anda, atau barangkali teman kerja Anda untuk menghentikan Anda (mereka dapat mengatakan "Stop!" atau "Hop!") setiap kali Anda menggunakan kata atau frase seperti itu.


Pemantau Anda hendaknya orang yang bersama Anda paling tidak selama beberapa jam dalam sehari. Tampaknya menjengkelkan? Memang begitulah semestinya. Saya jamin, setelah beberapa hari "penguatan negatif" ini, Anda secara otomatis akan mengganyang kata-kata itu. Tetapi lakukan satu persatu-setiap kali hilangkan satu kata atau satu frase. Kalau lebih dari sisipan ungkapan tanpa makna atau kata klise yang dihilangkan, lakukanlah satu persatu; kalau tidak, Anda akan sangat sering dihentikan, sehingga nyawa pemantau Anda bisa dalam bahaya.


Demikian sedikit sharing dari kami dan semoga dapat menginspirasi buat Anda.