Mana Yang Benar Tentang Hipnosis?

Mana Yang Benar??

 

Semua Benar!


Banyak berita tentang hipnosis, baik datangnya dari sumber yang tepat maupun dari sumber yang tidak jelas. Namun, seperti yang telah kita bahas bahwa otak kita membutuhkan sesuatu yang sederhana dan disederhanakan, sehingga lebih sering dua jenis informasi tersebut masuk ke dalam pikiran orang awam bercampur tanpa disadari dan bisa jadi informasiyang didapatkan sebelumnya menjadi lebih berkembang.


Artikel ini menggunakan pendekatan hipnosis dan NLP sehingga lebih baik jika saya bertanya kepada para pembaca, mana yang benar dari pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan masyarakat berikut ini.



No

Pertanyaan

Benar

Salah

1.

Hipnosis aman digunakan

 

 

2.

Ketika sedang dalam kondisi hipnosis, Anda mengendalikan pikiran Anda

 

 

3.

Setiap orang bisa belajar menghipnosis diri sendiri dan orang lain

 

 

4.

Anda tetap bisa berbohong saat sedang dalam kondisi hipnosis

 

 

5.

Hipnosis adalah proses ilmiah

 

 

6.

Hipnosis tudak bisa membuat Anda melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinan Anda

 

 

7.

Anda bisa keluar dari kondisi hipnosis kapanpun Anda mau

 

 

8.

Hipnosis tidak akan membuat Anda tegantung pada orang yang menghipnosis (hipnotis)

 

 

9.

Anda hanya membutuhkan hipnosis sederhana dalam sebuah terapi yang berhasil

 

 

10.

Bisa masuk ke dalam kondisi hipnosis merupakan pilihan, bukan kelemahan yang dihipnosis.

 

 

11.

Anda bisa merasa senang, sedih, tertawa, menangis, dan lainya dalam kondisi hipnosis.

 

 

12.

Anda mengingat semua yang terjadi dalam kondisi hipnosis

 

 

13.

Dalam kondisi hipnosis,  Anda sadar.

 

 

14.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk dihipnosis

 

 

15.

Dalam kondisi hipnosis, Anda tidak merasa berada di dunia yang berbeda.

 

 

16.

Setiap orang pernah mengalami hipnosis

 

 

17.

Anda bisa dihipnosis hanya jika Anda mengizinkanya

 

 

18.

Memori yang muncul dalam kondisi hipnosis tidak seluruhnya benar

 

 

19.

Kemampuan Anda memasuki kondisi hipnosis telah Anda miliki secara biologis

 

 

20.

Hipnosis lebih dari sekadar perasaan relaks

 

 

21.

Saat dalam kondisi hipnosis, Anda menyadari kondisi di sekitar Anda

 

 

22.

Hipnosis mempermudah Anda untuk mengakses bawah sadar Anda

 

 

 

Semua jawaban dari pertanyaan di atas adalah benar. Mari kita bahas satu persatu.


Dan Memang Benar!


1.        Hipnosis Aman Digunakan

Setiap hari Anda keluar dan masuk kondisi hipnosis yang biasanya tanpa Anda sadari. Banyak situasi yang membawa kita masuk ke dalam kondisi hipnosis. Membaca buku dengan topik favorit membuat kita begitu dalam masuk ke dalam kejadian yang ditulis dalam buku tersebut, ketika seorang teman memanggil, Anda tidak mendengarnya. Saat menonton sebuah film, perasaan Anda begitu terikat dengan adegan-adegan tersebut. Menonton film drama, Anda dapat mersakan kebahagiaan dan kesedihan dari pemeran utamanya dan bahkan tak jarang beberapa orang menangis. Menonton film laga membuat tubuh Anda ikut bergerak-gerak mengikuti gerakan bintang utamanya. Dan masih banyaklagi kejadian yang sebenarnya Anda sedang mengalami kondisi hipnosis, keluar dan masuk tanpa dan Anda dapat menyadarinya,lalu memutuskan apakah Anda mengizinkan diri Anda masuk atau menginginkan keluar dari kondisi hipnosis yang sedang Anda alami.inilah yang membuat hipnosis aman.

 

2.     Ketika Sedang Dalam Kondisi Hipnosis, Anda Mengendalikan Pikiran Anda

Hal ini juga yang telah dikatakan dan mendukung pernyataan pertama bahwa hipnosis aman. Andalah yang mengendalikan pikiran Anda dan Anda yang mengizinkan pikiran Anda masuk dalam kondisi hipnosis dan ketika ahli hipnosis sedang mengarahkan Anda dengan sugestinya, Anda dapat kapan saja berhenti menuruti dan keluar dari kndisi hipnosis. You are the master of your mind.


3.     Setiap Orang Bisa Belajar Menghipnosis Diri Sendiri dan Orang Lain

Hipnosis terkait seputar kondisi yang tepat, izin dari subjek hipnosis dan sugesti atausaran-saran. Anda bisa melatihnya, dari relaksasi fisik kemudian melatih relaksasi pikiran. Beberapa orang tidak memastikan bagaimana kondisi relak yang sebenarnya. Sederhana saja jika Anda dapat merasakan ketegangan, Anda pun dapat merassakan begitu santai. Caranya, buat sekujur tubuh Anda menegang dan ketikaseluruhnya sudah menegang, hitung 1..  2…  3…  4…  dan langsung lepaskan dengan tiba-tiba dan segera seluruh ketegangan itu hilang sehingga badan Anda menjadi lemas dan takbertenaga. Itulah yang namanya relaks secara fisik.


Setelah berhasil belajar bagaimana menjadi relaks secara fisik, latihan relaks pikiran dapat dilakukan. Relaksasi pikiran adalah ketikaAnda hanya focus pada satu hal dalam pikiran dan Anda dengan santai mengikuti pikiran tersebut. Latihan yang paling sederhana adalah kembali ke hal-hal yang membahagiakan yang terjadi pada diri Anda dan masa lalu. Pilih satu kenangan manis dalam hidup Anda, izinkan diri Anda untuk santai dan biarkan pikiran Anda melayang kembali pada kenangan itu sekarang…. nikamti saja.


4.     Anda Tetap Bisa Berbohong Saat Sedang Dalam Kondisi Hipnosis

Dalam kondisi hipnosis pun seorang subjek masih bisa dengan baik menjalankan filter pikiranya. Paling tidak ada tiga filter pikiran yang digunakan untuk menyaring sugesti atau saran-saran yang diberikanya, yaitu filter moral, keselamatan diri, dan ketepatan data. Jiak kejujurannya bertentangan dengan salah satu filter pikiran tersebut, san subjek harus memilih fight of flight dan biasanya orang tersebut akan filght dan mengatakan kebohongan.


5.     Hipnosis adalah Proses Alamiah

Pernahkah Anda menyadari saat-saat menjelang tidur, ketika Anda sudah mengiklaskan berat badan beban tubu Anda keoada kasur yang empuk dan mata Anda perlahan mulai tertutup, tetapi Anda masih bisa mendengar apa pun di luar tubuh Anda tersadar? Pikiran Anda menjadi semakin tenang dan tetap bisa mendengar suara-suara. Dan yang menarik adalah ketika suara-suara tersebut Anda visualisasikan menjadi sebuah mimpi yang Anda imajinasikan dan saat itu Anda masih mendengar suara-sura itu, serta Anda masih sadar seandanya suara-sura tersebut adalah panggilan untuk Anda yang memerintahkan segera bangun dan bangkit dari tempat tidur Anda. Itulah kondisi alamiah hipnosis dan hipnosis adalah hanya sesederhana itu.


6.     Hipnosis tidak dapat Membuat Anda Melakukan Sesuatu yang Bertentangan dengan Keyakinan Anda

Jelas dan telah dijelaskan sebelumnya bahwa hipnosis adalah kondisi yang tepat, izin dari subjek hipnosis, dan saran-saran atau sugesti yang tepat. Sugesti ini bisa ditolak mentah-mentah ketika bertentangan dengan nilai-nilai dasar yang dianut oleh subjek. Misalnya, subjek diminta untuk menanggalkan seluru pakaiannya dan jika ini bertentangan dengan nilai dirinya secara moral dan agama, ia tidak akan melakukannya. Sebaiknya,jika ini sesuai dengan nilai diri yang ia anut bahwa bugil di muka umum adalah tidak masalah, dengan sukarela ia kan melakukanya.


7.     Anda Bisa Keluar dari Kondisi Hipnosis Kapan Pun Anda mau

Kondisi hipnosis adalah kondisi yang sangat nyaman dan tenang. Bahkan beberapa teman saya menginginkan lagi dan lagi untuk dipandu masuk ke dalam kondisi hipnosis. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti Anda sebagai subjek dikendalikan oleh si hipnotis. Anda dapat keluar dari kondisi hipnosis kapan saja, terutama jika keselamatan anda terancam.


8.     Hipnosi tidak Akan membuat Anda Tergantung Pada Orang yang Menghipnosis (Hipnotis)

Ingin kembali ke dalam kenyamanan adalh sifat alamiah manusia . Namun, jika dikatakan mrnjadi krtergantungan, ini tidak dapat terjadi selama subjekmenginginkanya. Beberapa hal yang terlihat seperti ketergantungan itu disebabkan subjek merasa nyaman dan percaya kepada si hipnotis. Terapis atau coach yang baik melatih klienya untuk mampu melakukannya sendiri.


9.     Anda Hanya Membutuhkan Hipnosis sederhana Dalam Sebuah  Terapi yang Berhasil

Benar! Ketika Anda sudah memahami hipnosis dan subjek Anda pun demikian, proses terapi menjadi sangat sederhana, dan itu yang saya lakukan selama ini. Saya harus memberikan edukasi kepada klien yang belum paham tentang hipnotis dan setelah memahaminya barulah saya memulai nererapinya. Anda dapat membaca pengalaman-pengalaman sederhana saya di bab lain dalam buku ini.


10.Bisa Masuk ke dalam Kondisi Hipnosis Merupakan Pilihan, Bukan Kelemahan yang Dihipnosis

Dalam hipnosis panggung atau pertunjukan hipnosis, baik di televisi maupun yang bersifat off air, yang lebih hebat adalah subjek hipnosisnya yang mampu dengan cepat masuk ke dalam kondisi hipnosis dan mengizinkan dirinya mengikuti saran-saran si hipnotis. Jika kondisi ini telah terbentuk, sang hipnotis dapat dengan nyaman melakukan tugasnya. Sering kali, subjek yang baik didapatkan dari seleksi yang dilakukan oleh hipnotis melalui uji sugestibilitas. Jadi, orang yang dapat memasuki kondisi hipnosis bukan orang lemah yang mau diperintah, tetapi orang yang memilih mengizinkan dirinya untuk menerima saran dari orang yang dia percaya.

 

11.Anda Bisa Merasa Senang, Sedih, Tertawa, Menangis, dan Lainya dalam Kondisi Hipnosis

Seperti menonton film yang kita gemari, emosi kita menjadi campur-aduk. Pada adegan komedi, kita tertawa terpngkal-pingkal. Dalam bagian sedih, kita pun menangis. Dalam kondisi hipnosis pun Anda dapat melakukan hal ini, karena sekali lagi, hipnosis adalah kondisi yang sangat focus pada suatu hal sehingga kita dapat merasakannya seperti situasi yang sebenarnya.


12.Anda Ingat Semua yang Terjadi dalam Kondisi Hipnosis

Anda sepenuhnya sadar sesadar-sadarnya dan dalam kondisi trance sering kali Anda lebih peka daripada dalam kondisi normal, meskipun Anda dapat meminta sugesti pascahipnosis untuk melupakan apa yang baru saja terjadi dalam kondisi hipnosis. Pada kondisi hipnosis yang sangat dalam atau biasa dikenal somnambulis, seseorang dapat mengingat sesuatu yang terlupakan.


13.Dalam Kondisi Hipnosis, Anda Sadar

Ya… Kita sudah membahasnya, bukan?


14.Setiap Orang Memiliki Kemampuan untuk Dihipnosis

Prinsip yang pertama adalah subjek mau mengizinkan. Subjek juga percaya kepada hipnotis atau terapi di tangannya akan berpengaruh baik. Seelah itu, subjek yang belum memahami hipnosis dapat diedukasi sehingga diketahui teknik-teknik yang sesuai untuknya. Banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang dapat dihipnosis adalah orang dengan pendirian dan kekuatan pikiran yang lemah. Orang seperti itu malah sulit mendapatkan amnfaat dari hipnosis.


15.Dalam Kondisi Hipnosis, Anda tidak Merasa Berada di Dunia yang Berbeda

Anda tetap berada di dunia yang Anda jalani, teapi hanya waktunya yang dapat Anda rasakan berbeda. Anda dapat merasakan kembali saat-saat Anda masih kecil, atau menggunakan kekuatan pikiran dan imajinasi, Anda dapat merasakan apa yang akan Anda lakukan esok.


16.Setiap Orang Pernah Mengalami Hipnosis

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, dengan cepat kita masuk dan keluar dalam kondisi hipnosis. Bahkan, dalam membaca buku ini pun Anda telah masuk dan keluar, kemudian kembali lagi dalam kondisi hipnosis.


17.Anda Dapat Dihipnosis Hanya Jika Anda Mengizinkannya

Dan dengan seizing Anda… biarkan telapak tangan kanan Anda diletakkan di atas paha kanan Anda, biarkan sensasi relaks dan lemas dari ujung jari Anda sampai pergelangan tangan. Tambahkan, menggunakan pikiran Anda, beban di tangan kanan Anda seberat 5 kg. Jika Anda sudah dapat merasakannya, perhatikan tangan Anda sekarang. Bagaimana rasanya jika Anda tambahkan 20 kg lagi? Sekarang Anda benar-benar tidak dapat mengangkat telapak tangan Anda. Semakin Anda mencoba, telapak semakin menempel itu di paha Anda.

Ajaib? Memang!

Hitung perlahan 1… 2… 3… 4… 5… 6… 7…. 8… 9…. Dan … 10 … kembali normal.

Jika Anda tidak mengizinka hal itu terjadi dan benar, hal itu tidak akan pernah terjadi. You are what you are thinking.


18.Memori yang Muncul dalam Kondisi Hipnosis tidak Seluruhnya Benar

Pikiran bawah sadar kita memiliki sifat penyimpanan apa saja yang bisa diserap oleh indra kita. Pada kondisi relaks, bawah sadar akan menyusun ulang memori tersebut layaknya buku-buku berantakanyang disusun rapi di raknya. Hebatnya, pikiran bawah sadar tidak pilah pilih. Pikiran dari hasil pengalaman nyata dan pengalaman imajinasi diberikan label yang sama dan tidak dibedakan. Pernah ada satu cerita menarik, seseorang mengalami fobia terhadap ular setelah ia bermimpi dikejar-kejar sekelompok ular. Pikiran bawah sadarnya menerima pengalaman mimpinya seolah-olah merupakan pengalaman nyata.

Fenomena PLR ( past life regression) bagi mereka yang tidak mempercayai reinkarnasi juga mengatakan bahwa imajinasinya sendirilah yang membawa dirinya kembali ke ribuan tahun lalu ketika ia berada dalam kondisi hipnosis.


19.Kemampuan Anda Memasuki Kondisi Hipnosis telah Anda Miliki Secara Biologis

Otak kita yang menjadi pusat kendali dari seluruh tubuh kita bekerja dalam empat gelombang, yaitu beta, alfa, theta, dan delta yang akan dibahs dalam bagian khusus. Keempat gelombang tersebut dapat diukur dengan alat yang bernama MRI (magnetic resonance imaging).


20.Hipnosis Lebih dari Sekadar Perasaan Relaks

Lebih dari sekedar relaks. Beberapa kal subjek tidak ingin dibangunkan dari kondisi hipnosis karena merasa nyaman dalam kondisi tersebut. Apakah berbahaya? Tidak! Jika ada sesuatu yang mengancap, tentu ia segera menyadarinya dan bangun. Memang tentu bangun yang dipaksakan, seperti ketika dibangunkan mendadak sat tidur, akan membuat kepala menjadi sedikit pusing. Namun dalam hal ini para terapis memiliki tekniknya untuk menghindarinya.


21.Saat dalam Kondisi Hipnosis, Anda Menyadari Kondisi di Sekitar Anda

 

Dalam kondisi hipnosis, Anda masih dapat mendengarkan suara-suara di sekitar, khususnya suara terapis Anda, dan memang itu yang harus dijaga. Jika Anda tertidur, bagaimana mungkin saran-saran dari terapi Anda bisa masuk dan Anda terima, sedangkan Anda tidak mampu mendengarkanya lagi. Jadi, Anda sadar sepenuhnya.


22. Hipnosis Mempermudah Anda untuk Mengakses Bawah Sadar Anda

Pikiran bawah sadar kita menyimpan segala informasi yang hingga saat ini para ilmuwan sampai belum mampu menemukan berapa kapasitas maksimal pikiran bawah sadar kita dan sampai saat ini mereka menganggapnya sebagai “tidak terbatas”. Karena semua informasi tersimpan, kita pun bisa mengaksesnya. Bagaikan sebuah kantong yang besar, kadang-kadang membuat tangan kita tidak bisa menjangkau sesuatu di dasar kantong. Informasi yang terletak di dalam bawah sadar agak sulit dijangkau dalam kondisi sadar normal. Kondisi hipnosis merupakan alat untuk  menjangkau informasi yang terletak jauh di dalam bawah sadar.