Jago Public Speaking

Tempatnya Belajar Public Speaking Dan Pengembangan Diri

9 ACUAN DALAM PUBLIC SPEAKING

9 Acuan Dalam Public Speaking

Apakah Anda berani ketemu dengan seekor ular?. Berani! 

Atau mungkin Anda takut ketinggian dan Penerbangan? Tidak masalah. 

Bagaimana kalau berbicara di depan umum? Astaga! 

Memikirkan tentang kesulitan berbicara di depan publik — yang secara rutin digambarkan sebagai salah satu ketakutan terbesar (dan paling umum) — dapat membuat telapak tangan Anda berkeringat dan jantung berdebar-debar. Tetapi ada banyak cara untuk mengatasi kecemasan ini dan belajar untuk bisa menyampaikan pidato yang mengesankan

Untuk menjadi komunikator yang lebih baik, Anda harus mendengarkan, mengamati, mengatur, dan terhubung dengan Audience Anda. Dan lalu bagaimanakah caranya hal tersebut dapat terjadi? Berikut 9 Acuan Dalam Public Speaking yang mungkin dapat berguna untuk Anda renungkan.

 

1. Tegang Adalah Normal. Namun Berlatih dan Bersiaplah!

Semua orang merasakan beberapa reaksi fisiologis seperti jantung berdebar dan tangan gemetar. Jangan mengaitkan perasaan ini dengan perasaan bahwa Anda akan berperforma buruk atau mempermalukan diri sendiri. Kegugupan itupun kadang juga baik.. Adrenalin yang membuat Anda berkeringat juga membuat Anda lebih waspada dan siap memberikan kinerja terbaik Anda.

Baca juga : Bagus Atatu Buruknya Sebuah Presentasi

Cara terbaik untuk mengatasi kecemasan adalah dengan mempersiapkan, menyiapkan, dan mempersiapkan lebih banyak lagi. Luangkan waktu untuk memeriksa catatan Anda beberapa kali. Setelah Anda merasa nyaman dengan materi, berlatihlah — banyak. Rekam video diri Anda sendiri, atau mintalah seorang teman untuk mengkritik kinerja Anda.

2. Kenali Audiens Anda. Pidato Anda Tentang Mereka, Bukan Anda.

Sebelum Anda mulai menyusun pesan, pertimbangkan untuk siapa pesan itu ditujukan. Pelajari sebanyak mungkin tentang pendengar Anda. Ini akan membantu Anda menentukan pilihan kata, tingkat informasi, pola organisasi, dan pernyataan motivasi Anda.

3. Atur Materi Anda dengan Cara Paling Efektif untuk Mencapai Tujuan Anda.

Buat kerangka kerja untuk pidato Anda. Tuliskan topik, tujuan umum, tujuan spesifik, ide sentral, dan poin utama. Pastikan untuk menarik perhatian audiens dalam 30 detik pertama.

4. Perhatikan Umpan Balik dan Beradaptasi dengannya.

Pertahankan fokus pada audiens. Ukur reaksi mereka, sesuaikan pesan Anda, dan tetap fleksibel. Menyampaikan pidato dengan gaya yang kaku akan menjamin bahwa Anda akan kehilangan perhatian atau kenyamanan pendengar yang paling setia sekalipun.

5. Biarkan Kepribadian Anda Masuk.

Yang terpenting dari 9 Acuan Dalam Public Speaking adalah; Jadilah dirimu sendiri, — dalam segala jenis komunikasi. Anda akan membangun kredibilitas yang lebih baik jika kepribadian Anda bersinar, dan audiens Anda akan mempercayai apa yang Anda katakan jika mereka dapat melihat Anda sebagai orang yang nyata.

6. Gunakan Humor, Cerita, dan Bahasa Efektif.

Suntikkan anekdot lucu di presentasi Anda, dan Anda pasti akan menarik perhatian audiens Anda. Audiens umumnya menyukai sentuhan pribadi dalam sebuah pidato dan sebuah kisah juga dapat menghipnotis mereka.

Baca Juga: Pentingnya Humor Dalam Public Speaking

7. Jangan Membaca Kecuali Anda Terpaksa.

Membaca dari naskah atau slide mematahkan koneksi antarpribadi. Dengan mempertahankan kontak mata dengan audiens, Anda tetap fokus pada diri sendiri dan pesan Anda. Buat note pada secarik kertas kecil yang berisi tentang garis besar singkat dapat berfungsi untuk menyalurkan memori Anda dan membuat Anda tetap pada track tujuan public speaking Anda.

8. Gunakan Suara dan Tangan Anda Secara Efektif. Hilangkan Gugup.

Komunikasi nonverbal membawa sebagian besar pesan. Penyampaian kata yang baik saja tidak terlalu menarik perhatian audience, tetapi menyampaikan ide-ide pembicara dengan intonasi dan gesture tubuh yang menarik, akan membuat perhatian, focus serta menghilangkan semua gangguan yang ada dalam pikiran audience Anda.

9. Raih Perhatian di Awal, dan Tutup dengan Akhir yang Dinamis.

Apakah Anda senang mendengar pidato dimulai dengan "Hari ini saya akan berbicara dengan Anda tentang X"? Kebanyakan orang tidak. Alih-alih, gunakan statistik yang mengejutkan, anekdot yang menarik, atau kutipan singkat. Akhiri pidato Anda dengan ringkasan dan pernyataan kuat yang pasti akan diingat audiens Anda.

Akhir kata, setiap Public Speaking yang baik tidak akan pernah sempurna, dan memang tidak ada yang mengharapkan Anda sempurna. Namun, menempatkan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan diri dan berlatih, akan membantu Anda menyampaikan pidato menjadi lebih baik. Anda mungkin tidak bisa menghilangkan grogi Anda sepenuhnya, tetapi Anda bisa belajar  untuk menguranginya.  Dan semoga 9 Acuan Dalam Public Speaking ini dapat menjadi inspirasi untuk para pembaca.